Selasa, 27 Desember 2016

Penyakit verises kamu harus tahu!

      Varises di dalam istilah kesehatan adalah pembuluh darah balik atau vena yang merupakan alat dalam tubuh untuk mengembalikan darah sisa olah metabolisme yang asalnya dari seluruh jaringan di dalam tubuh menuju kembali ke jantung. Varises biasanya menyerang daerah kaki, terutama betis dan pangkal paha. Cara menghilangkan varises sebenarnya juga berkaitan dengan aktivitas sehari-hari. Hal tersebut dikarenakan penyebab varises sendiri cenderung berasal dari kegiatan dan aktivitas yang biasa kita lakukan sehari-hari.



Cara Menghilangkan Varises, Bisakah?
Tentu saja varises bisa dihilangkan,  caranya pun tidaklah sulit jika benar-benar dilakoni. Cara yang bisa ditempuh untuk menghilangkan varises terbagi pada dua macam, yakni mengikuti anjuran dokter atau melakukannya sendiri di rumah. Varises nyatanya juga merupakan penyakit yang serius karena terkadang juga memerlukan penanganan dokter. Bagi yang menderita varises cukup parah, sangat dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter dan menghilangkan varises tersebut di bawah pengawasan dokter. Akan tetapi, jika varises yang diderita belum cukup parah, maka cara mengatasi varises secara aman bisa dilakukan sendiri di rumah.
  • Olahraga
Jelas. Olahraga selalu menjadi solusi bagi setiap penyakit. Pun dengan varises. Melakukan olahraga yang rutin akan membuat Anda terhindar dari varises. Olahraga yang harus dilakukan pun bukan merupakan olahraga yang berat. Anda hanya disarankan untuk berjalan kaki atau lari saat sore dan/atau pagi hari selama beberapa menit saja. Lakukan hal tersebut dengan rutin. Olahraga tersebut disarankan agar sirkulasi darah pada bagian kaki menjadi lancar.
  • Mengurangi Waktu Duduk dan/atau Berdiri
Terlalu lama duduk atau berdiri merupakan salah satu pemicu terjadinya varises. Saat Anda duduk atau berdiri terlalu lama, kaki akan mengampu beban tubuh bagian atas. Oleh karena hal itu, jika Anda sudah lama duduk selingi beberapa menit dengan berdiri, begitupun sebaliknya. Ini merupakan salah satu cara alami untuk menghilangkan varises dengan aman.
  • Tidak Terlalu Sering Menggunakan Heels
Wanita biasanya sangat suka menggunakan heels. Padahal menggunakan heels terlalu sering sangatlah tidak disarankan. Hal tersebut karena saat Anda menggunakan heels, itu artinya posisi tumit dan tidak sejajar dan hal ini tidak akan memaksimalkan sistem kerja fungsi otot yang ada pada betis. Oleh karena itu, jika tidak ingin terkena varises, hindarilah penggunaan heels.
Apa Saja Gejala Varises Itu?
Tidak lengkap jika Anda telah mengetahui penyebab serta cara menghilangkan varises tanpa mengetahui apa saja gejalanya. Anda tentunya harus mengetahui dan mengenal gejala-gejala varises tersebut. Hal itu dimaksudkan agar Anda bisa bertindak cepat saat Anda menyadari bahwa Anda memiliki gejala varises. Pencegahan sedari dini tentunya sangat disarankan. Berikut merupakan gejala-gejala varises.
  • Penderita biasanya akan merasakan sakit, nyeri, berat, dan bahkan bengkak pada pusat varises tertentu, biasanya pada bagian betis.
  • Pada bagian pembuluh darah vena timbul warna kebiruan yang sangat jelas dengan bentuk lebar serta berkelok-kelok.
  • Pada bagian pergelangan terkadang terjadi pembengkakan yang disusul dengan borok (pada kasus-kasus tertentu saja).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar