Rabu, 21 Desember 2016

Mengoplos bahan bakar

Apakah Ada Efek dan Bahaya Jika Sering Mencampur Premium Dan Pertamax  Pada Mesin ?


Setelah mencari info dibeberapa sumber yang mengulas masalah ini sepakat bahwa untuk mencampur atau biasa disebut mengoplos Premium dan Pertamax tidaklah merusak mesin. Hanya saja keunggulan dari Pertamax yang memiliki kandungan pembersih tidak akan didapat. Dan hasil pembakaran diruang bakar pun tidak akan maksimal. Meski mencampur premium dan pertamax akan menambah nilai oktannya. 

Yang perlu dikhawatirkan oleh para pengguna kendaraan roda dua jika ingin mengoplos premium dan pertamax adalah terjadinya penumpukan karbon pada mesin. Lebih lanjut penumpukan karbon ini bisa merembet ke busi dan bisa menyebabkan motor sulit dihidupkan. Sebenarnya busi itu bisa membersihkan diri kalau dijalankan di atas 5.000 rpm dengan kata lain melaju dengan cepat. 

Jadi kesimpulannya adalah pilihlah bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi motor. Jika diharuskan menggunakan premium ya premium saja. Jika diharuskan menggunakan pertamax ya pertamax saja. Namun untuk kendaraan motor yang sudah berumur jika mau memakai Pertamax ya silahkan saja. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar